Tradisi Saat Lebaran Idul Fitri, Berikut 4 Hal Perlu Diketahui

Published on by Beni Napitu

Tradisi saat lebaran idul fitri. Umat muslim yang ada didunia ini merayakan 2 hari besar, yaitu hari raya idul fitri dan juga hari raya idul adha yang sering disebut juga sebagai hari raya kurban atau lebaran haji. Namun berbeda dengan hari raya idul adha, sebelum mereka merayakan hari raya idul fitri tersebut, maka sebelumnya mereka pun harus menjalani ibadah puasa, yang wajib dilaksanakan selama 1 bulan penuh lamanya.

Tradisi Saat Lebaran Idul Fitri

Setelah menjalani puasa full selama 1 bulan lamanya di bulan suci ramadhan, barulah umat muslim bisa merayakan hari kemenangan alias merayakan yang namnaya hari raya idul fitri alias lebaran. Tentu saja mereka pun akan menyambut hari raya idul fitri dengan sangat suka cita, karena hari raya idul fitri membuat kita menjadi kembali fitrah. Selain itu juga, ada banyak sekali berbagai macam Tradisi saat lebaran idul fitri yang biasanya dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia.

4 tradisi saat lebaran Idul Fitri versi onlineindonesia.over-blog.com

Lalu apasajakah beberapa tradisi saat lebaran idul fitri tersebut yang ada di Indonesia, berikut beberapa ulasannya akan kami berikan kepada anda, diantaranya yaitu :

• Mudik

Salah satu Tradisi saat lebaran idul fitri yang tak bisa ditinggalkan adalah mudik. Karena yang namanya mudik ini, merupakan salah satu tradisi yang biasanya dilakukan menjelang lebaran. Yaitu tradisi pulang kekampung halaman, agar bisa berlebaran bersama dengan keluarga tercinta dirumah. Biasanya tradisi mudik sudah mulai terlihat menjelang H-7 lebaran. Sehingga jalanan pun sudah mulai tampak ramai oleh para pemudik.

• Bagi angpau atau THR

Untuk tradisi selanjutnya yang biasanya ada di Indonesia saat lebaran adalah membagi angpau atau THR, alias Tunjang hari raya. Biasanya tradisi ini pun tak hanya diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya, namun membagikan THR pun biasanya dilakukan kepada kerabat dan saudara-saudar terdekat. Terutama anak-anak.

• Membeli baju baru

Saat lebaran sudah dekat, tak hanya jalanan saja yang dipenuhi dengan para pemudik yang sudah mulai beranjak untuk menuju kampung halaman tercinta. Namun yang namanya pusat perbelanjaan pun, seperti pasar, mall dan yang lainnya pun akan dipenuhi banyak orang, yang membeli baju baru dan berbagai macam perlengkapan lebaran lainnya. Karena yang namanya tradisi membeli baju baru ini sudah berlangsung sejak dulu hingga saat ini.

• Menyiapkan hidangan khas lebaran

Rasanya tak lengkap merayakan hari raya idul fitri atau lebaran jika tak menyiapkan berbagai macam aneka hidangan khas lebaran. Seperti opor ayam,  ketupat , rendang, berbagai macam aneka kue kering, dan banyak lagi yang lainnya.

Pastinya berbagai macam tradisi saat lebaran idul fitri tersebut sudah tak sabar ingin anda lakukan. Apalagi hanya tinggu menunggu hitungan minggu kita semua akan merayakan hari raya idul fitri. Oleh sebab, diartikel ini kamipun berkeinginan dengan rendah hati menyampaikan Selamat hari Idul Fitri.

To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post