Sejarah Fakultas Peternakan IPB

Published on by Beni Napitu

Sejarah Fakultas Peternakan IPB

Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor yang lebih dikenal dengan sebutan FAPET-IPB, merupakan salah satu fakultas yang ada di Institut Pertanian Bogor yang bertugas untuk melaksanakan pendidikan tinggi ilmu peternakan. Adapun sejarah pendiriannya berawal dari pendirian Nederlandsch Indesche Veeartsen School di Bogor sebelum perang dunia ke II. Akan tetapi, sekolah ini sempat ditutup pada saat pendudukan Jepang. Baru pada tahun 1946, Menteri Kemakmuran Indonesia, atas nama pemerintah, membuka Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan di Bogor yang merupakan pengembangan dari Nederlandsch Indesche Veeartsen School.

Pada tahun 1948, Perguruan Tinggi tersebut dirubah namanya menjadi Faculteit voor Diergeneeskunde. Faculteit voor Diergeneeskunde ini bernaung di bawah Universiteit van Indonesie yang kemudian diubah namanya menjadi Universitas Indonesia. Dan pada tahun 1950, Faculteit voor Diergeneeskunde menjadi Fakultas Kedokteran Hewan.Pada tahun 1960, dilakukan pengembangan Fakultas kedokteran Hewan menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan. Pada tahun 1962, Fakultas Kedokteran Hewan, Peternakan ini dikembangkan lagi menjadi Fakultas Kedokteran Hewan, Peternakan dan Perikanan Laut.

Melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 91 Tahun 1963 yang disahkan oleh Presiden RI Nomor 279 Tahun 1963, terhitung 1 September 1963, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan, Peternakan dan Perikanan Laut dilepas dari Universitas Indonesia dan kedua fakultas tersebut direorganisasi menjadi Institut Pertanian Bogor. Dengan demikian, tanggal 1 september 1963 merupakan tanggal kelahiran Fakultas Peternakan IPB.

Comment on this post